Sebagai Seorang Ibu 2 Anak, Ini Yang Ingin Aku Pelajari Sekarang

Bulan Juli ini usiaku bertambah jadi 37 alhamdulillah… Seiring dengan itu akupun mengevaluasi hidup beberapa tahun belakangan ini. Sambil evaluasi aku diingatkan oleh Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog kali ini mengenai “Hal Yang Ingin Dipelajari”. Betul juga, usia bertambah pengembangan diri juga seharusnya meningkat ya kan.

Jika dirunut lagi ke belakang sebetulnya aku sangat suka belajar menambah skill baru dari berbagai sumber. Kadang ya autodidak aja, habit dari kecil. Seperti belajar bahasa asing di Duolingo, belajar ilustrasi fashion di Skillshare, ikut Diploma 1 tahun di Islamic Online University, belum lagi berbagai skill baru tentang marketing, instagram, serta ilmu bisnis yang aku dapatkan sebagai Book Advisor Mandira. Yang paling terakhir adalah belajar jadi Trainer Read Aloud.

Namun seiring bertambahnya kewajiban dengan adanya anak ke-2 dan anak pertama yang semakin besar, tentu aku harus menentukan prioritas ilmu apa yang bisa kupelajari agar waktu bisa terbagi dengan baik. Dari salah satu ringkasan kajian Ust. Nudzul Zikri ini aku jadi bisa merumuskan ilmu apa saja yang ingin kupelajari.

1. Ilmu Mengaji Al Qur’an

Al Qur’an hadiah Papa ❤

Alhamdulillah walaupun kami terbiasa hidup pindah-pindah sebagai anak polisi, orang tua selalu berusaha memanggilkan guru ngaji di rumah agar anak-anak bisa baca Al Qur’an. Tapi aku merasakan masih butuh belajar memperbaiki bacaan karena memang aku tidak belajar tajwid dulu. Apalagi kami kemudian pindah ke Bali dan menetap lama di sana. Guru ngaji tidak dipanggil lagi karena memang sulit waktu itu. Belum lagi sekolahku di sekolah Katholik jadi ilmu baca Al Qur’an ku segitu-segitu aja, ga berkembang.

Sekarang jadi ibu sudah jadi kewajiban memberikan teladan ke anak bagaimana mengaji yang benar. Masa cita-cita mau dorong anak hafal Al Qur’an tapi bacaan ibunya sendiri masih acak adutt.. malu dong ah hehe. Ya itulah motivasiku juga untuk belajar mengaji lagi. Yang utama tentunya niatku adalah bisa menghafal Al Qur’an termasuk artinya agar bisa menerapkan lebih baik lagi dalam hidup.

Salah satu inspirasiku dan sumber belajar untuk lebih memahami keindahan Al Qur’an sejak 2011 adalah ust. Nouman Ali Khan. Beliaulah yang pertama kali membuatku jatuh cinta dengan Al Qur’an, padahal aku hanya menonton via kajian online, namun pesannya terasa menghujam di hati dan aku baru memahami agamaku melalui apa yang ia paparkan. Termasuk mengenai hijab. Insya Allah aku akan bahas tentang ini di lain post. Semoga Allah ridhoi aamiin..

2. Ilmu Sholat

Sudah benarkah sholatku?

Sholatku belumlah sempurna. Alhamdulillah aku bisa mengunci konsistensi 5 waktu tanpa henti dan rasanya hampa hati ini jika belum mengerjakan sholat. Namun aku sadari masih sulit khusyu, bacaan masih belum aku hafal artinya semua. Fiqh sholat adalah ilmu penting agar tidak salah beribadah maka dari itu inilah yang ingin kupelajari sekarang.

3. Ilmu Rumah Tangga

Potret Keluarga Kami

Ilmu rumah tangga yang ingin aku pelajari adalah tentang mengatur financial keluarga atau financial planning. Karena dengan bertambahnya anak, tentu aku harus belajar mengatur lagi pengeluaran dan perencanaan keuangan kami agar bisa mencapai cita-cita finansial.

Selain itu kajian yang ingin aku rutinkan adalah kajian rumah tangga dan kesehatan keluarga untuk meneruskan gaya hidup yang sudah kumulai sejak 2020 ini. Buatku dapur rumah adalah pendukung utama membentuk kesehatan keluarga.

4. Ilmu Parenting & Coaching Homeschooling

Ini adalah highlight terbesar selama beberapa tahun ini dan insya Allah mau aku teruskan. Untuk coaching homeschooling aku berencana ikut kelas Rumah Inspirasi karena dulu sudah pernah ikut kelas Homeschooling Usia Dini dan menurutku komunitasnya adalah nilai plus dari course ini.

Kelas parenting yang akan aku ikuti insya Allah kelas parenting Islami yang diselenggarakan Deenacademy. Kelasnya akan berjalan hampir 1 bulan dan pengajarnya adalah nama yang sudah dikenal di dunia parenting. Alasanku mengambil kelas ini adalah karena 1 paket ilmu yang diberikan di sini. Biasanya untuk mendapatkan ilmu yang dibagikan ini aku garus mencari beberapa kelas terpisah dengan biaya yang lumayan.

Kelas Islamic Parenting Deenacademy.id

Ilmu parenting incaran selanjutnya adalah kelas Montessori serta Fitrah Based Education. Dua kurikulum (atau filosofi?) ini lah yang aku ingin gunakan di rumah. Ilmu yang kumiliki masih dasar sehingga ingin kuperdalam lagi.

Kelas Montessori yang aku taksir ada beberapa yaitu dari Goodenoughparent.id dan Sunshine Teacher’s Training, ini kelas diploma selama satu tahun. Kelas FBE aku belum bisa ikuti karena waktunya panjang dalam sekali pertemuan psedangkan aku masih momong anak, jadi untuk sekarang baca bukunya aja dulu dan belajar dari video yang ada.

4. Trainer Think Aloud, Digital Marketing & Bisnis

Aku sudah menjalani bisnis online sejak 2010. Niche bisnis online pertamaku dulu adalah fashion dan alhamdulillah dulu aku bisa menjalaninya dengan baik hingga mengendorse (jaman dulu rate endorse belum segila sekarang) hingga jadi langganan beberapa artis seperti Dea Ananda dan artis FTV. Tapi karena ada problem internal akupun menghentikan bisniaku dan kembali menekuni dunia desain interior sesuai bidang akademisku.

Dasar memang doyannya jualan, setelah menikah dan resign aku ga bisa diam aja dan mulai menekuni bisnis online lagi. Alhamdulillah hingga saat ini aku menemukan fokus niche yang sesuai minat dan kondisiku sebagai ibu di rumah yang mengurus anak full yaitu edukasi anak. Lucunya produknya ga jauh-jauh dari kampusku dulu ITB. Padahal udah ke sana ke mari ternyata ketemu lagi sama lingkungan sesama alumni hehe.. Aku jadi Book Advisor Mandira, produknya adalah buku dan mainan edukasi terbitan Pelangi Mizan, Noura, dan Kaifa. Semuanya merupakan anak perusahaan Mizan Group yang didirikan oleh Haidar Baghir alumnus Teknik Industri ITB 1982.

Selain mencari income tambahan ini juga bentuk sumbangsihku ke masyarakat dan termasuk dakwah juga. Maka ilmu untuk masyarakat ini aku fokuskan insya Allah di digital marketing dan bisnis agar buku-buku ini bisa dimiliki lebih banyak keluarga. Ya, aku, si doyan buku ini senang menularkan virus minat baca agar anak Indonesia mencintai buku dan ilmu. Semoga dengan strategi digital marketing yang kupelajari bisa menjangkau keluarga di seluruh Indonesia.

Ilmu berikutnya adalah Think Aloud, ini adalah sertifikasi lanjutan dari Training of Trainer Read Aloud yang diadakan oleh Reading Bugs. Misiku insya Allah adalah membuat club buku online bagi para orang tua yang ingin menumbuhkan minat baca anak tapi masih bingung harus mulai dari mana, bagaimana membangun habitnya serta edukasi seputar literasi.

Sertifikat Trainer & Presenter

Penutup

Well mungkin ini lebih tepatnya ditulis sebagai learning goals of the year di jurnal ya dibandingkan sebagai tulisan blog hehe. Tapi ya begitulah kurang lebih rencanaku insya Allah.. Kurasa menulis ini membuatku jadi bisa memetakan lebih detail rencanaku karena tanpa ini sepertinya hanya akan ada di benak yang bisa mempengaruhi jalan eksekusinya. Terima kasih MGN tantangannya :*

Bagaimana denganmu mah? Ingin nambah pengetahuan atau skill apalagi nih??

5 thoughts on “Sebagai Seorang Ibu 2 Anak, Ini Yang Ingin Aku Pelajari Sekarang

  1. Belajar sepanjang hayat itu kudu banget memang yaa. Tersulut lagi deh semangat buat belajar macam-macam lagi.

    Like

  2. Wah keren teh ilmu2 yang ingin dipelajari. Akupun kepingin ya belajar lebih tentang HS tuh, cuma bingung mulai darimana. Nanti nanya2 aja deh sama teh Patrice ya, hehehe

    Like

  3. Aamiin aamiin, semoga harapan Teh Patricia yang bookworm, untuk menularkan virus minat baca agar anak Indonesia mencintai buku dan ilmu, tercapai. Yang sudah dilaksanakan juga dengan berkontribusi dalam perihal edukasi anak.

    Salut Teh Patricia. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s