Review Film : BIG (1988)

https://www.originalfilmart.com/products/big-88

Bismillah,

Pernah dengar petuah “Becareful of what you wish for” ? Film ini berangkat dari premis itu. Klise tapi bekerja dengan baik.

Joshua Baskin tidak pernah menyangka hidupnya bisa berubah secepat itu. Dalam waktu semalam ia, yang berusia 13 tahun, terbangun sebagai seorang lelaki dewasa berusia sekitar 30an. Petualangannya pun dimulai, dengan bantuan sahabat dekatnya ia mencari wahana bermain tempat ia mengucapkan permintaan itu:

"MAKE ME BIG"

Siapa yang menyangka permintaan permainan itu berubah menjadi nyata? Namun itulah yang terjadi. Kini Joshua harus bisa menemukan mesin penerima permintaan tersebut atau dia akan kehilangan masa kanak-kanaknya selamanya dan kesempatan untuk bertemu keluarga yang menyangka dia diculik.

Perjalanan Joshua bersama sahabatnya membawanya ke dunia baru, dunia orang dewasa yang selama ini dia pikir lebih menarik daripada dunianya. Dengan sifat kekanakannya dia membawa suasana baru ke dunia dewasa tersebut, terlihat konyol pada awalnya, namun ternyata itu membawa banyak hal baik untuknya.

Menonton film ini membuat kita menyadari bahwa dunia orang dewasa terkadang perlu dilihat dengan kacamata anak kecil, yang apa adanya. Dengan cerita ini pesan yang tertangkap adalah bisa saja hidup dibuat lebih simpel, hubungan antar manusia didasari ketulusan, maka hidup bisa lebih harmonis dan menyenangkan.

Akting Tom Hanks memukau dan kepolosannya sebagai Joshua yang berusia 13 tahun terperangkap di badan lelaki dewasa meyakinkan. Walaupun ada beberapa momen yang terlihat seperti agak berlebihan, keseluruhan penampilannya apik. Tak heran ia memenangkan beberapa penghargaan atas perannya ini termasuk Golden Globe Awards.

Kisah di balik film ini, sebelum Tom Hanks, awalnya Robert De Niro yang akan memerankan Joshua. Namun karena beberapa alasan, peran jatuh ke Tom Hanks. Kebayang kalo Joshua yang diperankan De Niro.. filmnya bisa jadi dark humor mungkin.

Saya suka detail ceritanya walaupun ide ini didaur ulang beberapa kali di Hollywood dan di Korea juga ada (Gong Yoo, anyone?). Menurutku film ini cocok untuk jadi tontonan siang hari sambil nungguin anak tidur siang hehe. Ada beberapa adegan yang kurang pas dikategorikan sebagai PG 13+ mestinya ini 17 sih, anyway kategori family movie untuk di sana beda juga sih sama kita karena beda kebudayaan. So, nontonnya jangan sama anak ya karena ada beberapa adegan dewasa.

Untuk kamu yang mau nonton, silakan cek film ini di Disney Hotstar. Kualitasnya bagus dan teksnya juga jelas untuk yang butuh subtitles . Sepertinya keputusan yang bagus sudah mengunduh aplikasi ini. Koleksi film klasiknya banyak banget dan ada dokumenter juga. Film legal, nontonnya lebih leluasa dan kualitas menjanjikan insya Allah.

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog
Komunitas MGN

Alasan saya memilih film BIG untuk Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan ini adalah karena temanya menarik dan pemerannya Tom Hanks, aktor yang cerita filmnya belum pernah mengecewakan. Mulai dari Forrest Gump, Terminal, hingga Captain Phillips. Dan keputusan saya tepat, tidak mengecewakan sebagai hiburan siang hari.

Skor : 8/10

Detail Film:

  1. Tanggal rilis: 3 Juni 1988
  2. Sutradara: Penny Marshall
  3. Produksi : Gracie Film
  4. Produser : James L. Brooks & Robert Greenhut
  5. Penulis : Anne Spielberg & Gary Ross
  6. Pemeran:
    • Tom Hanks
    • Elizabeth Perkins
    • David Moscow
    • John Heard
    • Robert Loggia
  7. Penghargaan:
    • Nominasi Academy Award Untuk Aktor Terbaik
    • Nominasi Academy Award Untuk Screenplay Original
    • Aktor Terbaik Golden Globe Award

6 Comments

    1. Oya?? Well jaman dulu kayaknya aku kebanyakan main gobak sodor kali ya ama temen-temen jadi ga tau ini di tv 😆

      Like

Leave a Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s